6 Agustus 2011

Menulis Arab di Ms. Word 2007 dengan Windows 7


Awalnya hanya ingin mengingat-ingat bagaimana cara menulis arab di Ms. Office saja mumpung ada yang mau diketik (hadist), dulu sih pernah menulis arab di Ms. Word 2003 dengan Windows XP, tapi langkah-langkahnya cukup ribet karena ketika ingin mengaktifkan bahasa Arab harus memasukkan CD XP dulu dan ternyata di Windows 7 lebih mudah.

Langkah-langkahnya antara lain :
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan bahasa arab di Windows 7. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengubah bahasa OS-nya ke bahasa arab, caranya masuk ke control panel » clock, language, and religion » change the date, time or number » pada bagian Format ubah ke bahasa "Arabic (Saudi Arabia)",

nanti pada taksbar akan muncul Language Bar (berisi bahasa default dan bahasa Arab).
Jika sudah terdapat bahasa arab, kita bisa kembalikan lagi format bahasa ke format sebelumnya. Apabila belum ada bahasa arab di language bar, kita ganti juga location-nya ke saudi arabia, jika sudah cek kembali di language bar dan jika ada silahkan ganti kembali ke location awal.
Sekarang kita sudah bisa menulis huruf arab di Ms. Word.Sekarang kita sudah bisa menulis huruf arab di Ms. Word.
Buka Ms. Word kemudian ganti bahasa di language bar ke bahasa Arabic setelah itu kita siap buat menulis huruf hijaiyah (arab). Pasti kita menemukan kesulitan dalam mengetik huruf tersebut karena keyboard kita merupakan keyboard alfabetis dan hasilnya pun kacau. Untuk hasil yang baik kita harus menggunakan perataan kanan (align text right) dan untuk letak huruf-huruf arab, saya sediakan di bawah ini :
Untuk pemberian harakat dapat menggunakan kombinasi SHIFT dan tombol-tombol di bawah ini :
Biasanya sih, saya tidak menggunakan harakat, soalnya kadang harakatnya hanya separuh alias terpotong ntah karena apa...

2 komentar:

nanank mengatakan...

terima kasih..ini sangat membantu..saya mau tanya, bagaimana cara menuliskan huruf tak ت marbutah ( huruf ت yg bentuknya spti huruf ه diakhir kata)
terima kasih

Qyu mengatakan...

huruf yang anda maksud sudah ada di gambar yang saya berikan, lebih tepatnya huruf "m", terima kasih

Posting Komentar